SEO Sebagai Alat Pemasaran

SEO Sebagai Alat Pemasaran –  Boleh jadi adalah salah satu media atau alat untuk mengenalkan satu produk atau jasa kepada konsumen yang akan dituju adalah Internet, internet sebagai media pemasaran. Kita semua tahu bahwa menjalankan bisnis melibatkan banyak hal agar memperoleh keuntungan yang sepadan bahkan berlebih terutama saat memutuskan untuk mempromosikannya melalui dunia maya. Dan Search Engine Optimization atau lebih dikenal dengan istilah SEO dipercaya mampu mewujudkannya.

SEO itu sendiri adalah kumpulan beberapa proses yang membuat satu website memiliki peringkat tinggi untuk kata yang di target. Ada bagian atau elemen yang dibutuhkan untuk mengoptimasinya agar dapat dikenal dengan baik oleh robot dari mesin pencari tersebut. Berhasil tidaknya kegiatan SEO yang diterapkan pada sebuah website sangat tergantung oleh beberapa pertimbangan yang dijadikan sebagai acuan mulai dari tingkat persaingan, jenis website dan deskripsi.

SEO Sebagai Alat Pemasaran

SEO merupakan salah satu cara meningkatkan pendapatan atau omzet bisnis dengan membantu membawa pengunjung tertarget ke website bisnis anda. SEO sebagai alat pemasaran telah terbukti efektif.

Hanya saja, masih banyak pelaku usaha yang kerap mengabaikan promosi Internet dengan menggunakan SEO sebagai alat pemasaran. Berbagai alasan pun diajukan seperti kurang memahami teknik dan istilah yang kerap digunakan, mahalnya menggunakan jasa SEO yang ada, seringnya terjadi perubahan algoritma Google hingga sulitnya menempatkan posisi pada halaman mesin pencari.

Tidak dipungkiri jika alasan tersebut ada benarnya namun bukan berarti pemilik usaha atau bisnis berlindung dari hal tersebut. Bahkan, sangat direkomendasikan untuk memahami konsep akan SEO yang pada akhirnya akan mempermudah dalam menjalankan kampanye pemasaran dari satu toko online atau jasa yang ada. Jika tidak, sangat bisa dipastikan sebuah toko online atau jasa akan sepi dari kunjungan.

SEO Sebagai Alat Pemasaran Yang Efektif.

Efektifkah SEO Sebagai Alat Pemasaran?. Mengetahui teknik pemasaran yang tepat dalam menjalankan satu usaha menjadi satu hal yang wajib dilakukan. Termasuk menggunakan internet dimana mengoptimasi kata kunci atau keyword agar mendapatkan peringkat menjadi tugas yang utama. Mengapa? Sederhana agar pengunjung dengan mudah menemukan website yang sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan mereka. Artinya, kemungkinan terjadinya transaksi dan meningkatkan penjualan bukanlah satu yang sulit untuk dikerjakan.

Rata-rata hampir 95% pengguna internet menggunakan mesin pencari untuk menemukan informasi atau produk yang mereka butuhkan. Uniknya, 87% pengunjung datang ke sebuah website berasal dari halaman pertama dari mesin pencari. Bahkan lebih dari 80% tidak akan pernah melihat hasil yang ditampilkan hingga halamannya yang ke empat. Dengan data demikian, maka layaklah bila SEO adalah alat pemasaran yang tepat dan memampukan hal tersebut. Logikanya setiap orang yang membutuhkan informasi akan melakukan pencarian di mesin pencari dengan mengetik kata atau rangkaian kata yang sesuai dengan kebutuhan mereka, maka bila website bisnis anda muncul dengan peringkat yang baik di halaman hasil pencarian maka peluang terjadi transaksi akan semakin besar.

Hanya saja, layaknya sebuah usaha yang membutuhkan beberapa perubahan, begitu juga dengan SEO yang cenderung dinamis sehingga mau tidak mau untuk mengoptimasi sebuah website haruslah di-up grade seiring dengan perubahan yang ada. Mulai dari persaingan keyword yang ditarget, backlink berkualitas hingga mengatur on page sebuah situs.

Di tengah gencarnya jejaring sosial yang terus bermunculan memang menimbulkan pertanyaan yang pro dan kontra mengenai efektif tidaknya SEO sebagai alat pemasaran yang tepat. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa SEO bukanlah satu-satunya metode yang dapat mendatangkan pengunjung namun bukan berarti SEO tidak dibutuhkan lagi mengingat ada beberapa situs sosial yang memaksimalkan fitur untuk mendapatkan konsumen yang tertarget.

Tentu saja akan terdapat perbedaan diantara keduanya dimana kelebihan dan kekurangan pun menyertainya. Kalau sudah begini sangat tergantung dari si pemilik usaha atau toko online yang ada apakah cukup menggunakan SEO dan mengabaikan kekuatan dari jejaring sosial atau kebalikannya atau malah menggabungkan keduanya. Yang pada akhirnya dapat menilai apakah SEO sebagai alat pemasaran masih efektif atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge