SEO Tips Untuk Pemula: Kesalahan Umum SEO

SEO Tips Untuk Pemula | Banyaknya orang yang memiliki website bisnis merupakan sebuah kemajuan bagi dunia bisnis di Indonesia, yang berarti telah semakin banyak kesadaran orang untuk memanfaatkan internet sebagai salah satu jalur pemasaran, memanfaatkan media online sebagai salah satu saluran untuk melakukan promosi. Memiliki website yang bagus dari sisi desain mungkin menjadi harapan setiap pemilik usaha, baik dari pelaku usaha kecil sampai pengusaha yang usahanya sudah mendunia.

Memiliki website bisnis atau toko online mungkin saat ini sudah merupakan hal yang sangat wajar, karena semakin mudahnya dan murahnya harga membuat website dan toko online yang ditawarkan, memang harga tergantung juga dari kualitas developer yang membangun website bisnis tersebut atau toko online tersebut. Kali ini saya akan membahas beberapa kesalahan SEO bagi website bisnis atau toko online, SEO Tips untuk pemula, mengenali kesalahan umum.

SEO Tips Untuk Pemula: Kesalahan Umum.

Beberapa kali saya mendapat permintaan untuk melihat atau melakukan review website bisnis atau toko online yang sudah berjalan, sang pemilik merasa kesulitan untuk menemukan produk atau jasa yang ditawarkan di halaman pertama Google. Mereka merasa sudah memiliki website atau toko online yang sangat bagus tetapi masih sulit untuk menemukan produk dan jasa sesuai dengan produk dan jasa yang ditawarkan atau sesuai dengan kata kunci dari produk-produk dan jasa yang ditawarkan, intinya produk dan jasa yang ditawarkan melalui website dan toko online tersebut tidak ditemukan di halaman pertama halaman hasil pencarian Google.

seo-tips-untuk-pemula2

SEO Tips untuk pemula, pahami dasar-dasar SEO agar tidak melakukan kesalahan umum SEO yang sebenarnya bisa dihindari. Kesalahan-kesalahan tersebut dapat menyebabkan bisnis anda ikut tenggelam.

Beberapa kesalahan umum dari segi SEO atau Search Engine Optimization dari website bisnis atau toko online berdasarkan pengamatan yang saya lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Riset Kata Kunci. Kata kunci merupakan bagian penting dari kegiatan yang dilakukan oleh para pencari informasi, yang dilakukan oleh para pencari informasi di halaman pencarian mesin pencari Google adalah mengetik kata-kata atau rangkaian kata-kata yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini merupakan hal yang paling mendasar bagi setiap website bisnis atau toko online yang ingin dapat bersaing di halaman hasil pencarian dengan menempati peringkat terbaik.
  2. Penempatan Kata Kunci yang tidak tepat. Beberapa website bisnis dan toko online memang sudah memiliki kata kunci sesuai dengan produk dan jasa yang ditawarkan, tetapi ternyata tidak menempatkan kata kunci yang telah ada tersebut di bagian-bagian website yang mendukung secara SEO, hal ini tentu menghambat website atau toko online tersebut menempati urutan terbaik di halaman hasil pencarian.
  3. Webiste Terlalu Berat. Perna menemukan website yang loadingnya lama sekali? Secara sadar tentunya kita sebagai pengunjung tentu akan segera pergi meninggalkan website atau toko online yang lama sekali loadingnya, bahkan terkadang ada website yang tidak loading sempurna walaupun kita udah dengan sabar menunggu. Google sebagai salah satu mesin pencari terbesar di duni telah memasukkan kecepatan loading website sebagai salah satu faktor penentu rangking dan ini sangat manusiawi karena hampir semua orang tidak mau menunggu lama untuk membaca informasi yang diinginkan. Salah satu faktornya adalah penggunaan gambar atau image yang terlalu besar dan mungkin juga kualitas hosting yang digunakan kurang bagus.
  4. Artikel tidak SEO Friendly. Sering terjadi pemilik website bisnis yang mengeluh walaupun telah rajin melakukan up date atau menerbitkan artikel terbaru secara rutin, tetapi posisi di halaman hasil pencarian tidak kunjung membaik, dan pengunjung juga tidak bertambah, yang artinya bisnis dalam keadaan bahaya karena pengunjung adalah salah satu kunci terjadinya konversi bagi sebuah website bisnis atau toko online. Artikel memang sudah dibuat dan selalu up date tetapi ternyata artikel tidak SEO friendly, tidak ada optimasi artikel.
  5. Tidak Memanfaatkan Blog. Blogging merupakan sarana yang paling tepat untuk membantu website bisnis atau toko online memperoleh posisi yang baik di halaman hasil pencarian, tidak hanya itu dengan memiliki blog atau memaksimalkan kegitatan blogging maka akan semakin mudah masyarakat memperoleh informasi tentang produk dan jasa yang ditawarkan. Blogging juga merupakan sarana untuk meningkatkan engagement dengan pelanggan. Blogging bagi perusahaan sampai saat ini diyakin merupakan salah satu hal yang mempermudah kegiatan SEO dari sebuah website bisnis maupun toko online.
  6. Terlalu banyak memasang widget. Pada bagian loading telah disebutkan bahwa kecepatan loading website mempengaruhi penilaian dari segi SEO, tetapi banyak sekali sampai saat ini, website bisnis atau toko online yang memasang berbagai macam widget sebagai aksesoris, tetapi ternyata hal tersebut sangat mempengaruhi kecepatan loading serta mengarahkan link keluar website atau out bond link yang kurang menguntunkan bagi SEO website bisnis tersebut atau SEO untuk toko online tersebut.
  7. Kata Kunci Dalam Domain. Kata kunci dalam domain atau keyword on domain memang pernah mengalami masa jaya sehingga orang berlomba-lomba membeli domain dengan menggunakan kata kunci sesuai produk, tetapi perkembangan ek depan, tampaknya Google akan sangat memperhatikan domain dengan kata kunci, mungkin saat ini masih bisa berjaya dengan domain yang mengandung kata kunci, entah di kemudian hari, karena sepertinya Google lebih menyarankan agar para pemiliki bisnis memilih domain dengan brand masing-masing bukan domain dengan mengandung kata kunci.
  8. Keyword Stuffing. Memasukkan banyak keyword di title, meta description serta meta keywords yang berlebihan sehingga cenderung menjadi bertumpuk dan memaksa Google untuk memperhatikan kata kunci tersebut. Hal ini sangat berbahaya karena dapat merugikan website bisnis atau toko online anda. Pemilihan dan penempatan kata kunci haruslah benar sehingga dapat membantu kinerja website bisnis atau toko online.
  9. Image atau gambar tidak teroptimasi. Bagi beberapa produk, muncul di pencarian gambar akan sangat membantu karena untuk beberapa produk masyarakat ingin melihat bagaimana bentuk dari produk yang mereka cari, seperti produk-produk fashion para pencari informasi banyak yang menggunakan Google untuk mencari gambar produk sesuai kebutuhan. Optimasi gambar akan sangat membantu website bisni menempati posisi terbaik dan membantu meningkatkan jumlah visitor.

Masih banyak lagi kesalahan umum SEO yang dilakukan oleh pemula yang ingin website atau toko online milik mereka tampil di halaman hasil pencarian Google. Kesalahan umum diatas, semoga dapat menjadi inspirasi bagi rekan-rekan pengusaha yang ingin website bisnis atau toko online berjaya di halaman hasil pencarian Google.

Dengan memahami dasar-dasar SEO tentunya keadaan seperti yang disebutkan di atas tidak perlu terjadi, karena dasar-dasar atau teknik dasar optimasi website bisnis akan menjadi lebih mudah. Dasar-dasar SEO merupakan fondasi utama dari sebuah website bisnis dengan SEO basic optimasi website bisnis menjadi lebih mudah. Sekian dulu SEO Tips untuk pemula kali ini dan akan disambung dilain kesempatan, semoga bermanfaat.

 

2 Comments

  1. Ghufron March 31, 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge