Apa Yang Dimaksud SEO Off Page

Apa yang Dimaksud SEO Off Page? Mari Kenali Lebih Dalam

Mengelola website bukan hal yang mudah lho karena hanya dengan mengandalkan SEO On Page saja tidak akan bisa menjadi nomor satu di Google. Ada juga yang disebut dengan SEO Off Page yang sama pentingnya dengan SEO On Page. Lalu apa yang dimaksud SEO Off Page?

Peran dari SEO Off Page sendiri adalah membuat optimasi menjadi semakin fokus karena mendapatkan dukungan dari luar situs, sering disebut dengan Backlink. Mungkin penjelasan singkat tadi masih terdengar rancu sehingga belum membuat orang awam paham. Anda bisa menyimak penjelasan berikutnya untuk bisa semakin memahami SEO Off Page.

Apa yang Dimaksud SEO Off Page dan Perbedaannya dengan SEO On Page

Pengertian dari SEO Off Page sendiri merupakan metode optimasi yang perlu diterapkan di luar situs. Hal ini dapat mendukung fungsi dari SEO On Page dalam meraih perangkat teratas di halaman Google. Terdapat banyak faktor yang dapat digunakan untuk melancarkan SEO Off Page. Misalkan saja menyebarkan melalui media sosial maupun forum online.

apa yang dimaksud seo off page
SEO Off Page merupakan salah satu bagian penting dari rangkaian kegiatan SEO selain SEO On Page Dan Technical SEO.

Metode yang dilakukan juga tidak cukup apabila hanya sekedar link building saja. Anda perlu meningkatkan engagement rate juga melalui bermacam-macam media online lainnya. Nantinya hasil dari SEO Off Page dapat membantu meningkatkan penilaian di mesin pencarian Google karena memang Google menilai dari internal dan eksternal.

Google sendiri memiliki formula tersendiri untuk bisa menghitung agar suatu situs menjadi peringkat atas. Sayangnya rumus tersebut tidak banyak dipublikasikan sehingga tidak banyak orang mengetahuinya dengan pasti. Namun serangkaian riset sudah dilaksanakan oleh Moz yang mana hasilnya menunjukkan SEO Off Page dapat berpengaruh sampai dengan 50% dari penilaian Google.

Dengan kata lain dapat disebutkan bahwa SEO Off Page mampu mendirikan kredibilitas situs. Tentunya isi dari website sendiri harus berkualitas sehingga setelah disebarkan menuju ke berbagai platform benar-benar bisa menarik perhatian banyak orang untuk terus berkunjung ke website. Apabila semakin banyak orang membuka website yang Anda kelola maka bisa dipastikan kalau peringkatnya akan semakin tinggi.

Kemudian kita akan membahas tentang perbedaan SEO On Page dengan SEO Off Page. Pada SEO On Page lebih akan berfokus dari kualitas content yang terpasang dalam situs sehingga menyenangkan pengunjung. Lalu SEO Off Page sendiri ditujukan untuk meningkatkan kredibilitas dari luar website.

Kedua jenis SEO ini perlu untuk dioptimalkan sehingga semakin cepat dalam meraih peringkat atas di mesin pencarian. Sebaiknya rutin dalam menerapkan kedua jenis dari hal tersebut sehingga situs bisa konstan mendapatkan rangking tinggi.

Contoh SEO Off Page

Ketika berbicara tentang SEO Off Page tidak akan sempurna kalau belum membicarakan contohnya. Contoh dari SEO Off Page bisa Anda tiru dan terapkan sehingga proses optimalisasi situs menjadi lebih terarah. Langsung saja kita bahas mengenai contoh-contoh dari SEO Off Page berikut.

  1. Backlink

Metode pertama yang harus diterapkan untuk bisa melaksanakan SEO Off Page adalah menjalankan link building. Link building juga sering disebut dengan backlink yang mana dapat mengarahkan ke link lainnya. Istilah backlink muncul karena rujukan yang disebarkan dari luar situs dan bisa berasal dari situs lainnya.

Apabila terdapat situs populer yang punya jumlah trafik tinggi dan memberikan backlink terhadap situs lainnya, maka situs yang dirujuk bisa mendapatkan penilaian bagus di bagian mesin pencarian Google. Misalkan saja bila suatu situs sampai mendapatkan rujukan dari BBC, VOA, dan lain-lain maka otomatis pamornya juga akan meningkat.

Namun algoritma Google juga memperhitungkan korelasi konten sehingga hanya yang berhubungan saja dengan konten yang akan mendapatkan penilaian yang baik. Jadi kalau ada rujukan dari website lain yang pembahasannya tidak nyambung ya justru bisa mendapatkan penilaian buruk dari Google. Mesin pencarian Google bisa saja menilai sebagai spam untuk backlink yang tidak nyambung.

  • GMB (Google My Business)

Anda juga bisa menggunakan fitur lain yang disediakan oleh Google untuk meningkatkan peringkat situs. Misalkan saja fitur GMB atau yang sering dipanggil dengan Google My Business. Para pengguna internet akan dipermudah dalam mencari suatu perusahaan berdasarkan keperluan produk tertentu juga melalui GMB.

Perkembangan brand menjadi lebih pesat ketika sudah diterapkan dengan fitur GMB. Hampir sebagian besar perusahaan dari berbagai skala sudah memanfaatkan fitur GMB sehingga mereka bisa mendapatkan pelanggan yang berasal dari rujukan GMB.

  • Customer Review

Apapun jenis website yang Anda miliki biasanya menyediakan kolom komentar. Kolom komentar seringkali dipakai sebagai tempat customer review. Hal ini juga sering kali diterapkan oleh website yang berupa toko online, sehingga kolom komentar bisa menjadi tempat berinteraksi antara customer service terhadap para konsumen.

Apabila suatu website mendapatkan banyak customer review yang positif maka Google bisa mendeteksinya sebagai website terpercaya. Tidak heran bila sebagian besar dari toko online akan mendorong konsumen dengan review baik untuk mempublikasikan komentarnya.

Beberapa Manfaat dari SEO Off Page

Anda sudah memahami seputar contoh dari SEO Off Page dan sekarang perlu mengetahui berbagai manfaatnya. Beberapa manfaat dari SEO Off Page dapat Anda simak di bawah ini.

  1. Meningkatkan Rangking

Setiap situs yang dibangun di internet akan saling berkompetisi bila bergerak di bidang yang sama. Persaingan menjadi semakin ketat ketika semakin banyak perusahaan yang harus beralih membuka website demi dapat mencari konsumen di era pandemic. Tidak heran pengetahuan SEO Off Page semakin diburu.

Banyak dari pengelola website menyadari betapa pentingnya SEO Off Page bagi peringkat situs di mesin pencarian. Metode ini memang sudah terbukti mampu meningkatkan SERP di Google sehingga situs mendapatkan trafik semakin tinggi dari hari ke hari.

  • Meningkatkan PageRank

Situs-situs yang hanya menerapkan SEO On Page dapat dipastikan akan menempati halaman-halaman pencarian yang tidak terlalu tinggi di Google. Pada dasarnya orang-orang hanya akan membuka dan membaca situs yang menempati 3 halaman pertama di mesin pencarian. Lebih dari itu susah untuk menggaet pengunjung dan meningkatkan trafik yang nanti akan langsung berhubungan dengan jumlah iklan yang masuk ke website.

Google sendiri sudah dilengkapi dengan algoritma yang terus mengalami update dan bisa memberikan informasi yang paling dicari penggunanya. Mengenai algoritma Google ini juga pernah disampaikan dalam banyak website yang mengulas SEO Off Page.

  • Mendirikan Kredibilitas

Salah satu manfaat menggunakan SEO Off Page adalah dapat dipakai untuk membangun kredibilitas. Setelah Google membangun konsep EAT atau Expertise, Authority, dan Trustworthiness maka SEO Off Page memiliki peran yang penting. Pemilik dan pengelola website sama sekali tidak dapat mengabaikan konsep yang diterapkan oleh Google tersebut.

Perusahaan Google menginginkan pembuatan sistem ranking yang berdasarkan ketiga konsep tadi. Maka dari itu banyaknya link relevan yang mengarah kepada suatu website menjadi bahan pertimbangan penting bagi Google. Itulah mengapa saat ini orang-orang berlomba dalam membangun SEO Off Page yang nyambung secara topik konten setelah mengetahui apa yang dimaksud SEO Off Page.

Salam,

Latief Pakpahan – Pakar SEO Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!
Scroll to Top