Apa Yang Dimaksud SEO On Page?

Apa yang Dimaksud SEO On Page? Pahami supaya Website Bisa Masuk Jajaran Ranking Teratas di Google

Memiliki website sendiri untuk mendapatkan penghasilan memang butuh perjuangan. Tidak ada pekerjaan yang mudah karena Anda perlu fokus. Salah satu cara untuk bisa meningkatkan performa dari website adalah dengan memanfaatkan SEO On Page. Tahukah Anda apa yang dimaksud SEO On Page?

Jika Anda masih sangat awam dalam hal tersebut maka Anda perlu segera mencari tahu. Setiap website terkenal selalu memanfaatkan istilah tersebut sehingga mereka bisa memperoleh banyak pengunjung. Kalau Anda paham tentang pengetahuannya maka mudah untuk menerapkan di website.

Apa yang dimaksud SEO On Page?

Langsung saja kita mulai mengenai pembahasan dari istilah yang satu ini. SEO On Page merupakan metode untuk mengoptimalisasi guna bisa meraih peringkat tinggi mesin pencarian Google. Cara ini benar-benar bisa menghantarkan suatu website untuk mendapatkan pengunjung yang benar-benar membutuhkan informasi di dalam website.

Pastikan untuk selalu mempublikasikan konten berkualitas dan relevan sehingga bisa meningkatkan SEO website. Proses optimalisasi sendiri akan mencakup pada konten, tag judul, meta description, gambar yang relevan dengan konten menggunakan alt text, sekaligus tautan keluar website atau ke halaman dalam website lainnya.

apa yang dimaksud dengan seo on page?
SEO On Page merupakan salah satu bagian penting dari rangkaian kegiatan optimasi website.

Seluruh proses optimalisasi harus diterapkan di setiap konten yang publish di website. Tentunya hal tersebut juga perlu pengendalian kualitas yang ditulis dengan menggunakan dan mencantumkan sumber-sumber terpercaya.

Konten yang berkualitas biasanya akan membuat para pengunjung ingin kembali membuka website. Mereka memerlukan informasi terpercaya yang ada dalam website tersebut sehingga ingin berkunjung ulang.

Para pengelola website sudah memanfaatkan SEO On Page ini selama bertahun-tahun sehingga siapapun yang baru dalam dunia website juga harus menerapkannya untuk bisa bersaing. Walaupun memang pada kenyataannya pemilik website juga harus memahami dan menerapkan SEO Off Page yang bisa membuat algoritma Google menilai tinggi suatu website.

SEO On Page sendiri penting bagi semua situs atas alasan-alasan tertentu. Alasan pertama adalah untuk membuat mesin pencari Google paham dengan apa isi konten di website tersebut. Kemudian tingkat relevansi juga akan diperhitungkan oleh mesin pencari berkat kecerdasan buatan yang canggih.

Setiap situs yang mengutamakan SEO On Page akan diprioritaskan daripada dengan situs yang sama sekali tidak menggunakannya. Penerapan teknik SEO On Page yang benar akan membuat website disukai oleh Google.

Terdapat hal lain yang juga berpengaruh terhadap peringkat dan nilai SEO On Page. Contoh SEO On Page adalah site speed atau kecepatan akses suatu situs. Semakin tinggi kecepatan akses akan membuat website berada di peringkat atas halaman mesin pencarian. Tidak heran bila pemilik website berusaha semaksimal mungkin dalam meningkatkan aspek kecepatan akses juga.

SEO On Page Berbeda Dari SEO Off Page

Kemudian kita juga akan membahas perbedaannya dengan SEO Off Page. Jika pemilik website memanfaatkan SEO On Page maka akan bisa menjadikan konten semakin berkualitas dan membuat senang para pembaca. Semakin banyak pembaca yang membuka dan kembali membuka suatu website maka mesin pencari Google akan memberikannya nilai tinggi.

Tentunya berbeda sekali dengan penerapan SEO Off Page. Penerapannya justru akan membuat website dicap punya kredibilitas tinggi sehingga Google memberikan kepercayaan dan menempatkannya pada rangking teratas di mesin pencariannya. Bagaimanapun kedua komponen ini harus terus dioptimalkan dan tidak boleh hanya salah satu saja.

SEO Off Page akan banyak berkutat dengan memberikan tautan ke berbagai forum dan platform. Misalkan saja menyebarkan rujukan ke forum-forum sehingga bisa meningkatkan jumlah pembaca. Sedangkan beberapa platform yang sering dimanfaatkan untuk meningkatkan traffic adalah media sosial, seperti Facebook, Instagram, Tik tok, dan lain sebagainya.

Penerapan dari kedua komponen ini juga tidak boleh dilakukan sesekali saja. Melainkan setiap kali membuat konten maka harus selalu diterapkan sehingga perlahan-lahan peringkat dari website akan terus naik. Jika peringkat website naik maka akan berdampak positif terhadap jumlah pengunjung situs. Ketika pengunjung situs naik jumlahnya sudah pasti akan berpengaruh baik terhadap penghasilan dari iklan juga.

Bisa dikatakan bahwa cuan yang diperoleh berpotensi naik juga. Walaupun memang hal yang paling dibutuhkan oleh suatu website untuk bisa naik peringkat adalah konsistensi. Tidak banyak pemilik website yang lolos dalam ujian satu ini sehingga dampak kenaikan peringkat di mesin pencarian juga tidak terlalu terasa.

Beberapa Plugin untuk Menerapkan SEO On Page

Kita juga akan membahas tentang beberapa plugin terpercaya yang banyak dipakai oleh pengelola website dari seluruh dunia. Tentunya Anda juga bisa menggunakan plugin tersebut karena sebagian besar tersedia dalam versi gratis. Langsung saja kita bahas mengenai beberapa pluginnya, yang merupakan bagian dari cara optimasi SEO On Page.

1. Yoast SEO

Plugin yang paling terkenal adalah Yoast yang mana jumlah penggunanya mencapai lebih dari 5 juta. Yoast juga kompatibel dengan PHP versi 5.6.20 atau yang lebih tinggi. Fitur yang disediakan juga cukup lengkap untuk versi gratisnya yang mana pengguna bisa memanfaatkan meta tags. Meta tags berfungsi untuk branding yang lebih baik terhadap setiap konten yang dibuat.

Download Yoast Plugin Di Sini.

Algoritma yang terpasang pada Yoast juga memungkinkan situs dapat diakses lebih cepat. Kecepatan akses situs sudah pasti akan berpengaruh terhadap peringkat dari suatu website di mesin pencarian Google. Sedangkan versi premium menyediakan fitur tambahan seperti email untuk mendukung para pengguna versi premium. Bahkan bisa mengembangkan Yoast SEO dengan menggunakan WooCommerce maupun Local SEO.

2. All In One SEO Pack

Peringkat kedua dari plugin SEO On Page diraih oleh All In One SEO Pack. Jumlah pengguna aktif WhatsApp mencapai 3 juta dan berasal dari seluruh dunia. Proses perilisan dari pluginnya sudah sejak tahun 2007 dan terus mengalami update untuk meningkatkan kinerjanya.

Fitur yang disediakan juga cukup lengkap dan bisa digunakan melalui versi gratisnya. Contoh dari fitur adalah automatic meta tag generation, title optimization, pencegahan duplikasi konten yang dibuat, dan juga XML sitemap support. Memanfaatkan plugin yang satu ini dalam membuat konten bisa meningkatkan peringkat website sedikit demi sedikit.

3. SEO SQUIRRLY

Plugin yang satu ini tidak hanya menilai konten yang dibuat tetapi juga bisa dipakai mencari keyword yang efisien dan punya trafik tinggi. Faktanya plugin satu ini pernah diendorse oleh Neil Patel maupun Brian Dean. Bagian User Interface dirancang simple sehingga cocok untuk orang awam yang baru belajar mengelola website.

Fitur-fitur yang disediakan juga sangat menunjang para pembuat konten agar mendapatkan ranking tinggi di setiap kontennya. Beberapa fitur akan dijelaskan dengan lebih mendetail sebagai berikut.

  • Fitur pencarian keyword yang mampu memberikan trafik tinggi ke website.
  • Menganalisa setiap artikel yang dibuat apa sudah memiliki nilai tinggi untuk bisa bersaing atau perlu perbaikan lebih lanjut.
  • Membantu menganalisa apakah konten yang dibuat sudah nyaman dibaca pengunjung.
  • Menghasilkan XML sitemap pada mesin pencarian Google maupun Bing.

Selain beberapa contoh plugin SEO On Page di atas terdapat beberapa plugin lain seperti Rank Math, SEOpress dan lain-lain. Plugin SEO yang sangat terkenal di atas membantu para praktisi SEO untuk melihat kualitas SEO On Page sebuah artikel.

Apabila Anda sudah memahami apa yang dimaksud SEO On Page maka perlu menerapkan juga. Cukup pilih salah satu plugin yang cocok untuk website dan terapkan penilaian baik di tiap konten yang dibuat.

Salam,

Latief Pakpahan – Pakar SEO Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!
Scroll to Top