Bagaimana Proses SEO

Banyak yang telah berubah dalam dunia optimasi mesin pencari dan ada banyak tips SEO di luar sana. Namun, prinsip-prinsip dasar tertentu tetap tidak berubah, proses seo tetap memiliki tahapan yang tidak jauh berubah. Misalnya, penargetan kata kunci dengan tujuan tunggal untuk meningkatkan peringkat organik tidak lagi bekerja dengan mesin pencari tetapi memilih kata kunci yang tepat masih merupakan bagian penting dari teka-teki. Dan Anda perlu paham bagaimana proses SEO.

tahapan proses seo secara umum
Tahapan Proses SEO Secara Umum

Selain mendapatkan manfaat SEO, kata kunci mengungkapkan lebih banyak tentang pengguna dan apa yang itu perjuangkan. Dengan begitu banyak teknik SEO, hampir tidak mungkin untuk menentukan mana yang harus dipatuhi dan mana yang dapat diabaikan dengan aman.

Apakah proses link building sudah ketinggalan zaman? Haruskah mencurahkan waktu dan energi untuk proses SEO on-page ? Bagaimana bisa menulis tag judul untuk mendorong peringkat website (website ranking) di halaman hasil pencarian? Di mana proses SEO dan media sosial bersinggungan?  Sebelum membahas bagaimana proses SEO kenali dulu apa itu SEO.

Apa itu SEO?

Search Engine Optimization pencari (SEO) adalah proses mengoptimalkan situs web Anda dengan tujuan meningkatkan peringkat kata kunci sebuah website dalam hasil pencarian dan mendapatkan lebih banyak organic traffic (tidak berbayar). Sejarah SEO berawal dari tahun 90-an ketika mesin pencari muncul untuk pertama kalinya. Saat ini, ini adalah strategi pemasaran yang penting dan industri yang terus berkembang.

Baca juga : Apa Itu SEO Specialist?

Search Engine Optimization hanya berfokus pada hasil pencarian organik dan tidak termasuk optimasi PPC. Baik SEO dan PPC adalah bagian dari Pemasaran Mesin Pencari. Mesin pencari (search engine) digunakan oleh pengguna internet ketika mencari sesuatu baik produk maupun jasa.

Tugas SEO adalah memberikan jawaban untuk sesuatu atas apa yang sedang dicari oleh para pengguna mesin pencari, khususnya Google. Tidak masalah apakah Anda menjual produk atau layanan, menulis blog, atau apa pun, optimisasi mesin pencari adalah suatu keharusan bagi setiap pemilik situs web.

Untuk membuatnya lebih sederhana:

SEO adalah hasil dari semua proses atau tahapan optimasi yang dilakukan untuk membuat Google menganggap sebuah website sebagai sumber berkualitas dan memberi peringkat lebih tinggi untuk kueri penelusuran yang telah ditentukan.

Catatan,  Meskipun SEO adalah singkatan dari “Search Engine Optimization”, dengan dominasi Google saat ini, kita cukup menggunakan istilah “Google Optimization” . Itu sebabnya semua tip dan teknik dalam panduan ini terutama tentang Google SEO, meskipun banyak hal yang universal dan berlaku untuk pengoptimalan untuk mesin pencari lainnya.

Cara Kerja SEO : Contoh singkat

Ketika datang untuk mempelajari cara kerja SEO, dengan adanya contoh akan lebih membantu memahami bagaimana proses SEO berjalan. Jadi, katakanlah Anda memiliki dua situs web: Situs Web A dan Situs Web B. Situs web A tidak  responsif, yang berarti pengguna di tablet atau ponsel cerdas akan kesulitan menavigasi dan menggunakan situs. Namun, situs web B responsif, yang berarti memberikan pengalaman pengguna (user experience) yang lebih baik untuk pengguna tablet, smart phone, dan desktop.

Untuk mesin pencari, ini adalah keputusan yang mudah untuk menentukan situs web mana yang lebih ramah kepada pengunjung, yaitu Situs Web A. Tentu saja, cara kerja mesin pencari sedikit lebih rumit dari itu. Saat ini, mesin telusur menggunakan  lebih dari 200 faktor berbeda  untuk menghasilkan hasil penelusuran, yang berarti banyak elemen berbeda yang memengaruhi penempatan kata kunci sebuah website di hasil penelusuran.

Mesin pencari akan menentukan website dengan tingkat relevansi yang tinggi dengan pencarian kata kunci yang diketik user sebagai website terbaik di halaman pencarian Google. Semakin relevan dengan pencarian yang dilakukan user maka website tersebut akan mendapat peringkat yang semakin baik.

Mengapa Search Engine Peduli Dengan Proses SEO?

Mengapa mesin pencari peduli jika Anda menggunakannya atau mesin pencari lain? Lagi pula, Anda tidak membayar itu? Itu benar, Anda tidak membayar itu, tetapi orang lain yang membayarnya, Jadi jawaban atas pertanyaan ini adalah bahwa itu peduli bagaimana proses SEO karena itu menghasilkan uang dari iklan.

Halaman yang Anda tuju setelah Anda memasukkan  permintaan pencarian  disebut  halaman hasil mesin pencari (alias SERP) . SERP memberi Anda apa yang disebut “hasil organik” serta “iklan bayar per klik” (atau PPC). Hasil organik adalah yang dipengaruhi oleh  SEO, sedangkan  iklan PPC  dibayar. Anda tidak dapat membayar Google atau mesin pencari apa pun untuk menempati posisi apa pun dalam hasil organik.

Namun, iklan di halaman adalah cara itu menghasilkan uang. Jadi, semakin baik hasil yang itu berikan kepada Anda, semakin besar kemungkinan Anda dan orang lain menggunakan mesin pencari itu lagi. Semakin banyak orang yang menggunakan mesin pencari, semakin banyak iklan yang dapat itu tampilkan dan semakin banyak uang yang dapat itu hasilkan. Masuk akal?

Mengapa Peduli Tentang Cara Kerja Dan Proses SEO?

Internet telah benar-benar menempatkan dunia di ujung jari kita. Biasanya tidak lebih dari beberapa klik dari hampir semua informasi yang dicari. Ketika orang mencari informasi, layanan, produk, dan sebagainya, itu online. Cobalah untuk mengingat saat Anda berpikir, “Saya harus benar-benar mencari tahu cara kerja pengoptimalan mesin telusur.” Anda tahu persis apa yang harus dilakukan: Anda masuk ke Internet dan mencari “cara kerja SEO”.

Apa yang Anda lakukan saat itu? Kemungkinan Anda mengklik salah satu dari beberapa hasil pertama, setidaknya pada awalnya. Jika Anda tidak menemukan situs yang sesuai dengan harapan Anda, Anda mungkin mengklik tombol kembali dan menggulir halaman ke bawah sampai Anda menemukan apa yang Anda cari.

Jika situs Anda tidak dioptimalkan dengan benar dengan bagaimana proses SEO, dapat diasumsikan bahwa Anda hanya muncul di halaman pertama untuk halaman penelusuran bermerek, meskipun bergantung pada nama bisnis Anda, hal itu mungkin tidak terjadi.

Itu berarti orang yang tidak tahu Anda ada tetapi mencari seseorang seperti Anda tidak akan pernah menemukan Anda, dan Anda bahkan tidak akan pernah memiliki kesempatan untuk memberi tahu itu mengapa Anda lebih baik daripada pesaing.

Penjelasan Teknis Tentang Bagaimana Proses SEO

Jadi sekarang Anda tahu mengapa mesin pencari bekerja sangat keras untuk memberi Anda hasil yang bagus dan mengapa Anda harus peduli bagaimana proses SEO berjalan, kita dapat berbicara tentang cara kerja SEO dengan sedikit lebih detail.

  • Proses atau Tahapan Pertama adalah search engine atau mesin pencari melakukan perayapan atau crawling terhadap satu website untuk mendapatkan data dari website tersebut.

Mesin pencari memiliki  crawler, bukan jenis yang menyeramkan, tetapi jenis robot otomatis.  Crawler ini mengumpulkan semua jenis informasi tentang situs web Anda dan halaman-halaman yang membentuk situs atau website. Hal ini memungkinkan itu untuk dengan mudah menentukan kapan harus melayani pencari halaman di situs Anda. Itu mengumpulkan hal-hal seperti  kecepatan halaman,  tag judul,  sinyal sosial,  tautan internal,  tautan balik, dan sebagainya.

  • Proses Kedua adalah mencatat data dari website yang dikunjungi robot crawler atau orang biasa menyebutnya robot google dan melakukan pertimbangan apakah halaman atau url tersebut dapat dilakukan indexing atau tidak. Indexing sendiri memiliki beberapa syarat tertentu seperti apakah halaman tersebut sudah ada di halaman sitemap, atau apakah halaman tersebut mobile friendly.
  • Proses Ketiga adalah melakukan indexing terhadap halaman atau url yang telah diposting dan telah memenuhi syarat google untuk diindex.
  • Proses Keempat tetapi bukan proses terakhir, url atau halaman website tersebut muncul di halaman pencarian Google.
  • Selanjutnya Google akan memutuskan apakah website tersebut layak mendapat peringkat terbaik dengan melihat isi website atau content website dengan pencarian yang dilakukan oleh user.

Dengan  lebih dari 200 faktor peringkat yang  digunakan oleh Google dalam algoritme itu dalam bagaimana proses SEO, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, dan tindakan yang dapat diambil untuk mencoba mengoptimalkan situs web. Ada faktor on page dan off page yang menentukan seberapa baik situs Anda dioptimalkan, dan oleh karena itu seberapa baik peringkatnya.

Baca Juga :

Faktor  On page,  artinya adalah semuah hal yang wajib di halaman tersebut. Ini termasuk tag judul, konten, kecepatan situs, URL halaman, tag alt gambar, tautan internal, dan banyak lagi. Faktor off page, sementara itu, hampir seluruhnya didasarkan pada tautan ke situs Anda dari situs lain.

Itulah informasi singkat mengenai bagaimana proses SEO paling dasar yang perlu dipahami sebelum benar-benar ingin mengetahui tahapan atau proses optimasi website selanjutnya.

Salam,

Latief Pakpahan – Pakar SEO Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!
Scroll to Top