Contoh SEO On Page

Contoh SEO On Page Untuk Mendukung Kualitas Website.

Sebuah website harus terus dilakukan optimalisasi agar bisa mendapatkan prioritas di halaman terdepan mesin pencarian. Algoritma mesin pencari juga terus diperbaiki sehingga menerapkan strategi SEO On Page menjadi suatu keharusan. Anda yang ingin mengetahui contoh SEO On Page dapat menyimak pembahasan ini hingga selesai walaupun akan dimulai dari pengertiannya terlebih dahulu.

Kekuatan SEO On Page Menjadi Fondasi Bagi Setiap Website Yang Ingin Bersaing Di Halaman Pencarian Google

Latief Pakpahan.

Setiap website yang berhasil mencapai peringkat nomor 1 di halaman pertama Google sudah pasti menerapkan teknik yang satu ini. Bagi yang baru dan ingin berkompetisi, perlu mengetahui tekniknya agar setiap konten yang diterbitkan mampu mencuri perhatian pengguna internet. Bagaimanapun konten yang berkualitas selalu memiliki kesempatan untuk mendapatkan organic traffic tidak peduli cepat atau lambat.

Pengertian SEO On Page

Orang yang masih awam dengan dunia konten website pasti akan bertanya-tanya apa pentingnya SEO On Page. Tentu saja teknik ini sangat penting bagi siapapun yang ingin mendapatkan prioritas setiap kali ada pengguna internet yang mengetikkan suatu kata kunci. Pada dasarnya Google dilengkapi dengan algoritma kompleks yang memungkinkan merangking situs berdasarkan kualitas isinya.

Optimasi mesin pencari Google tidak terpisah dari 3 hal utama yaitu technical SEO, SEO On Page Dan SEO Off Page. Nah ketika melakukan optimasi mesin pencari dengan rangkaian faktor-faktor penentu rangking Google. SEO On Page sangat dibutuhkan.

Pengguna mesin pencarian Google akan bisa mendapatkan informasi sesuai dengan yang dibutuhkan. Apabila informasi yang diinginkan belum tersedia maka Google akan memberikan alternative lain yang mirip dengan informasi yang dicari. Bisa dikatakan bahwa hanya situs dengan isi konten terbaik saja yang bisa masuk halaman pencarian pertama.

Konten terbaik biasanya akan mencantumkan gambar yang relevan dengan topik pembahasan. Selain itu isi content bukan hasil plagiasi sehingga terjamin originalitasnya. Contoh-contoh dari konten yang dimaksud juga harus disertai dengan video, gambar, teks, atau audio.

Penting juga untuk menyematkan elemen-elemen yang hanya bisa dilihat oleh bot mesin pencari (misalkan HTML khusus). Semua itu perlu dioptimalkan melalui SEO sehingga menunjang performa website guna menarik minat pengunjung.

Ciri-Ciri Konten SEO yang Baik

Kita juga akan mencari tahu tentang konten SEO yang baik. Tidak harus memulai pembuatan konten yang sifatnya teknis dahulu. Terdapat beberapa ciri-ciri dari konten dengan SEO yang baik. Ciri-cirinya dapat Anda lihat di bawah ini.

  • Relevansi

Konten yang baik selalu dapat menyamakan antara kata kunci dengan konten yang dibuat. Penyelarasan antara content dengan maksud orang yang mencarinya juga sangat penting. Kegagalan dalam memberikan informasi sesuai maksud orang yang mencarinya, justru akan membuat para pengunjung situs cepat-cepat menutup situs.

Tindakan tersebut akan berdampak buruk terhadap penilai Google juga. Tipis kemungkinan mendapatkan peningkatan trafik bila tidak melakukan introspeksi dan perbaikan. Namun berlaku juga hal sebaliknya ketika suatu konten relevan dengan maksud orang yang mencarinya.

  • Konten yang Unik

Membuat konten yang relevan saja kurang bisa menarik minat orang untuk terus berkunjung kembali. Anda perlu membuat konten yang menawarkan hal baru atau lebih dari ekspektasi pengunjung. Konten yang demikian akan bisa berhasil membuat orang mau datang lagi dan lagi guna mendapatkan informasi yang diperlukan.

Intinya pembuat konten harus berhasil menghadirkan kreativitas maupun inovasi. Elemen-elemen tersebut akan lebih cepat menarik perhatian para pengunjung dan bisa saja pengunjung memberikan referensi kepada teman atau keluarga untuk turut berkunjung juga.

  • Jelas

Dalam menyampaikan informasi juga harus dilakukan dengan jelas. Jangan bertele-tele karena sebagian besar orang berharap untuk bisa menemukan solusi dari apa yang menjadi masalahnya. Konten yang berhasil menjelaskan isinya dengan baik akan mendapatkan penilaian baik dari Google juga.

Berbanding terbalik dengan konten yang isinya tidak jelas. Biasanya pembaca hanya membaca sekilas dan langsung menutup laman situs akibat bertele-tele. Semua orang punya waktu yang terbatas terutama bila berkaitan dengan dunia bisnis dan keuangan. Sebaiknya Anda menghadirkan konten yang isinya daging.

Sebagian besar dari content yang jelas akan dilengkapi dengan bullet, subheading, gambar, dan kalimat yang mudah dipahami. Kata-kata yang menjadi poin penting bisa saja di bold untuk memudahkan pembaca mengetahuinya.

Kita sudah selesai dalam membahas tentang ciri-ciri dari SEO konten yang baik. Sekarang kita akan melanjutkan pembahasan tentang contoh dari SEO On Page.

Penerapan Contoh SEO On Page

Setiap kali membicarakan tentang contoh SEO on Page maka tidak akan terlepas dari 3 kategori penerapan. Ketiga penerapannya dapat Anda ketahui berikut.

  1. Link Building

Pembuat konten tidak pernah melupakan contoh SEO On Page yang berupa link building. Link building sendiri masuk dalam langkah SEO On Page yang menyertakan link di setiap konten. Link tersebut sengaja dibuat untuk mengarah ke laman lain yang Anda kelola. Link antar bagian website disebut juga internal link, merupakan bagian penting dari SEO On Page.

Misalkan saja website Anda merupakan toko online yang menjual peralatan masak. Jika suatu saat ada artis yang menggunakan alat masak dengan brand yang Anda jual, maka artikel yang membahasnya bisa ditautkan ke peralatan masak yang Anda jual melalui online.

Link building juga bisa merujuk pada internal link. Pembuat konten perlu membuat link yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan penilaian kualitas yang dilakukan oleh Google. Proses menautkan domain web tidak disarankan memberikan dalam bentuk URLnya, melainkan dalam bentuk anchor text. Apabila Anda sudah menyertakan anchor text maka perhatikan hasilnya.

Apakah laman artikel yang disertakan anchor text punya trafik lebih tinggi atau tidak. Apabila sebagian besar laman yang menggunakan anchor text punya trafik tinggi maka dapat disimpulkan bahwa pemberian anchor text membantu pengunjung memperoleh informasi yang berkaitan dengan konten yang dibacanya.

  • Pakai Nama Domain yang Sesuai dengan Isi Konten

Pembuatan nama domain website seharusnya memang disesuaikan terhadap isi websitenya. Bisa juga menggunakan brand sebagai nama domain juga. Pembuatan domain dengan metode tersebut dapat memperlihatkan profesionalitas. Pemberian nama domain yang professional juga bisa menghantarkan website naik ke peringkat tinggi berdasarkan SERP.

Selalu buat brand yang enak dibaca dan mudah diingat karena hal itu akan berkaitan dengan trafik juga. Hindari penggunaan karakter unik strip karena berkesan tidak mudah untuk diingat. Jangan pula menggunakan angka ke dalam pembuatan domain karena orang punya kecenderungan tidak suka mengingat angka.

  • Kecepatan Loading Harus Tinggi

Pemilik website harus memastikan kalau loading websitenya cepat. Pakai theme yang tidak berat sehingga menunjang proses loading dengan cepat. Pakai plugin yang diperlukan saja karena memasang terlalu banyak plugin juga bisa membuat loading menjadi berat.

Walaupun Kecepatan Loading Website merupakan bagian dari Technical SEO tetapi saat ini loading speed telah menjadi salah satu rangking faktor yang menentukan kualitas On Page. Saat ini loading speed telah resmi masuk menjadi salah satu rangking faktor Google.

Pasang plugin yang berguna mempercepat loading, seperti Fastest cache maupun Supercache. Jika memungkinkan Anda juga perlu untuk memasang CDN. Apabila memiliki anggaran dana cukup besar maka disarankan berlangganan VPS saja daripada menggunakan shared hosting.

Shared hosting sendiri lebih sering menunjukkan kecepatan bervariatif atau tidak stabil karena memang penggunaan bersamaan. Apabila salah satu pengguna sedang mendapatkan trafik banyak maka bisa mengganggu trafik dari pengguna lainnya dalam kasus shared hosting. Tidak heran kalau sebagian besar pemilik website professional memilih berlangganan VPS.

Demikian bahasan singkat tentang contoh SEO On Page kali ini, harus diingat bahwa dinamika perkembangan SEO selalu berjalan sehingga kualitas SEO On Page website anda harus selalu diperbaiki, demikian juga dengan SEO Off Page.

Salam,

Latief Pakpahan – Pakar SEO Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!
Scroll to Top