menulis artikel 30 menit

Menulis Artikel 30 Menit Saja

Memiliki kebiasaan menulis atau keterampilan lain akan membuat kita semakin mudah mengerjakan pekerjaan tersebut. Pagi ini kebetulan baru nulis artikel untuk jasa review di MLaPak.Com, iseng-iseng liat jam di notebook, trus dicatet waktu buat nulis artikel tersebut dengan rencana kisaran jumlah kata 300 – 400 kata lengkap dengan gambar dan optimasi artikel. Sebelumnya tidak pernah mencatat lama waktu penulisan.

Begitu produk dan web yang mau di review, langsung nulis judul yang akan digunakan termasuk kata kunci yang akan ditargetkan, langsung tulis judul dan dilanjutkan dengan menulis artikel, paragraf pertama, kedua, ketiga, keempat, kelima, cari gambar, up load gambar, optimasi gambar, optimasi artikel, pemilihan Heading dan ini data-data yang diperlukan oleh plugin, ga sampe 30 menit, publish!

menulis artikel 30 menit

Mungkin sebagian temen-temen blogger sudah banyak yang memiliki kemampuan menulis lebih cepat dari 30 menit itu, buat saya itu sebuah prestasi baru. Semua butuh latihan dan sering dilakukan agar kemampuan menulis serta melakukan optimasi artikel semakin baik. Hal-hal berikut semuanya dilakukan dengan cepat, sekali lagi kalo mau bisa cepat ya harus sering latihan. Beberapa hal yang perlu dilatih agar bisa menulis dengan cepat, efektif dan efisien serta artikel SEO friendly:

  1. Ide. Latihan mencari ide tulisan itu  penting, secara garis besar dan menyeluruh kita bisa membayangkan bahwa suatu tulisan akan  apa saja dan informasi yang akan disampaikan kepada pembaca, secara singkat, ide sederhana dan bermanfaat akan sangat membantu sebuah tulisan agar dapat menambah pengetahuan para pembaca.
  2. Riset Kata Kunci. Menentukan kata kunci akan mengnjadi hal yang sangat cepat dilakukan bila kita sudah sering melakukan riset kata kunci dengan benar, banyak sumber informasi untuk riset kata kunci, tapi sekali lagi latihan itu sangat penting, jangan cuma jadi pengetahuan semata.
  3. Menulis Seperti Bercerita. Biasakan menulis dengan gaya bercerita, karena menulis dengan gaya bercerita merupakan gaya menulis yang sangat mempermudah penulis dan disukai pembaca, tidak menulis seperti membuat text book atau aturan pemerintah.
  4. Cari Gambar Yang Sesuai Isi Artikel. Salah satu komponen tulisan adalah gambar atau image, perlu juga mencari gambar dan melakukan optimasi gambar tersebut agar seo friendly dan menarik bagi pembaca. Kemampuan mencari gambar secara cepat lumayan membantu, ini berbeda bila kita membuat gambar tersebut, waktunya akan lebih lama.
  5. Cek Kesalahan Penulisan. Setelah selesai, usahakan untuk cek ulang hasil tulisan, periksa apakah ada kesalahan penulisan, optimasi artikel sudah benar atau belum? penggunaan heading dan lain-lain.

Setelah selesai dengan 5 langkah di atas segera terbitkan tulisan dan promosikan, kenapa perlu dipromosikan? Web bagus, tulisan bagus, produk bagus ga ada gunanya apabila tidak ada orang yang tahu kalo tulisan atau produk itu bagus? Bener khan?

18 thoughts on “Menulis Artikel 30 Menit Saja”

  1. Sepertinya saya harus banyak latihan dan belajar om Latief.
    Masih perlu waktu berjam-jam untuk menulis artikel. Itu pun belum pake gambar dan optimasi.
    Thanks Artikelnya….
    Memberikan semangat tuk terus berlatih 🙂

  2. Kendala utama ngeblog salah satunya ya ini nih,, ARTIKEL..Kudu banyak latihan, ane masih suka comot sana, comot sini nih..:)
    Mkasih gan tips nya..

  3. Kalau ada niat untuk nulis, sebenarnya bisa cepat juga om.
    Hanya saja untuk menumbuhkan niat menulis itu yang agak susah hehe
    Setelah no. 2 itu sebenarnya perlu juga untuk menengok artikel di blog lain yang mungkin mirip dengan yang akan kita tulis. Jika ternyata sudah ada banyak, pasti bisa memilah-milah dulu mana artikel yang bagus dan yang tidak, dari situ baru kita boleh menulis artikel yang lebih baik dari yang sudah terbit duluan 🙂
    Itu yang saya lakukan om 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Scroll to Top