Social Media Untuk UKM Beberapa Tips Sederhana

Social Media Tips Untuk UKM.

Social Media Untuk UKM | Social media,  tips untuk UKM banyak dibahas oleh berbagai sumber baik media cetak seperti majalah hingga media online. Hal ini disebabkan karena tidak sedikit pelaku UKM yang masih kesulitan dalam menggunakan media online khususnya media sosial untuk melakukan promosi produk atau jasa. Padahal, di Indonesia sendiri, pelaku UKM itu sangat banyak jumlahnya dan secara kenyataan masih banyak yang belum melek teknologi yang satu ini. Di era digital marketing ini, sebaiknya UKM memanfaatkan seluruh sarana promosi yang ada, termasuk menggunakan social media.

Berangkat dari fenomena tersebut, maka beberapa pihak bersama dengan pemerintah kerap mengadakan seminar atau pelatihan di berbagai lokasi. Tujuannya sederhana, lebih mengenalkan manfaat dan kelebihan dari penggunaan internet sehingga memperluas jangkauan pasar hingga ke mancanegara. Yang pada akhirnya akan membangkitkan perekonomian sehat para pelaku usaha UKM itu sendiri. Mungkin sering kita dengar jargon “UKM Goes On Line”.

Adapun materi yang disampaikan dalam menggunakan social media, tips untuk UKM cenderung kepada bagaimana memanfaatkan fasilitas yang ada. Seperti pendekatan secara personal dengan pihak audiens sehingga tercipta ikatan yang cukup kuat antara si pemilik produk atau jasa dengan konsumen atau enggagement. Kemudian bagaimana teknik promosi yang harus dilakukan agar efisien dan efektif dengan harapan agar konsumen secara tidak langsung memiliki bayangan tersendiri tentang produk tersebut.

social media untuk UKM untuk promosi bisnis

Hal ini penting karena banyak pelaku usaha UKM yang sudah terjun ke dunia online namun masih memegang metode pemasaran secara konvensional. Sebut saja pembagian brosur atau flyer yang dulunya kerap dilakukan pun tidak mengalami perubahan saat menggunakan media sosial. Akibatnya, banyak sekali akun pemilik usaha UKM ini di unfriend atau unfollow oleh para penggemarnya dikarenakan seringnya menyebarkan banner brosur atau link promosi atau biasa disebut dengan istilah hard selling. Hal ini menunjukkan bahwa kesiapan mental untuk menggunakan media on line secara benar juga harus dipersiapkan.

Selain itu, tidak adanya kesiapan dari pihak pelaku usaha UKM untuk mengukur sejauh mana tingkat promosi yang dilakukan guna mengetahui efektifitas atau tidaknya metode tersebut. Mereka hanya terpaku dengan jumlah pengikut saja tanpa memperhitungkan apakah banyak mengalami transaksi atau tidak. Yang pada akhirnya membuat waktu yang digunakan akan menjadi sia-sia karena tidak mendatangkan hasil.

Social Media Beberapa Tips Untuk UKM Yang Jitu

Untuk mendapatkan tips atau panduan tentang bagaimana memanfaatkan media sosial sebagai metode promosi saat ini sangat mudah dilakukan. Terlebih, beberapa situs yang membahas seputar cara ini sangat banyak dan mereka memberikannya secara gratis. Meskipun demikian, tidak salah jika dalam artikel ini akan dibahas seputar social media, tips untuk UKM yang jitu.

Salah satunya adalah tidak menggunakan akun pribadi atau personal untuk kebutuhan perusahaan. Selain terlihat kurang profesional, akun pribadi pada umumnya berisikan tentang curahan hati, pertemanan atau memposting informasi yang tidak ada hubungannya dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Kemudian, tips selanjutnya adalah mengetahui tujuan dibuatnya promosi dengan menggunakan media sosial.  Tidak sedikit ditemui para pelaku UKM hanyalah sekedar ikut-ikutan atau mengikuti trend yang sedang berlangsung. Yang pada akhirnya akan membuat usaha menjadi kurang maksimal seperti tidak melengkapi profil tentang data perusahaan atau jarang berinteraksi dengan audiens.

Pelajari dan pahami tentang konten menarik guna mengundang perhatian audiens terhadap posting yang diberikan. Tidak sedikit konsumen merasa tergugah dengan artikel yang memberikan manfaat baik untuk pribadi mereka atau orang lain. Pastikan juga untuk mengetahui jadwal postingan yang tepat guna menjaring konsumen lebih banyak lagi. Menarik bukan? Sebenarnya masih banyak tips menarik dalam membahas seputar media sosial ini, mudah-mudahan penjelasan sederhana tentang social media untuk UKM ini dapat bermanfaatn dan bisa segera diaplikasiakan untuk pengembagan bisnis teman-teman UKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge